Naik Turun Angka Klaim Kemenangan Prabowo Sandi

Mengilas balik, pada Juli 2014 lalu, Prabowo yang berpasangan dengan Hatta Rajasa mengklaim kemenangan sebelum Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengumumkan hasil perhitungan suara secara resmi. Prabowo berkukuh, amatan tim di lapangan menunjukkan suaranya bertengger di posisi atas, melampaui Jokowi. Atas kemenangan versi Kertanegara — rumah milik Prabowo yang menjadi markas pemenangan—dia bersama Hatta bersujud syukur togel cambodia terbesar.

Hal serupa terulang kembali pada Pilpres 2019. Berjeda sekitar 2 jam sejak hitung cepat ditampilkan, Prabowo mendeklarasikan kemenangannya. Di sisi lain, hampir seluruh lembaga survei menyatakan suara capres yang berpasangan dengan Sandiaga Uno itu kalah terhadap Jokowi.

Atas klaim kemenangannya itu, Prabowo sampai menggelar deklarasi sebanyak tiga kali. Dua kali deklarasi kemenangan diserukan pada Rabu, 17 April, dan sekali lainnya pada 18 April 2019. Pemimpin operasi pembebasan sandera di Mapenduma itu mengatakan tim kampanye Prabowo – Sandi di lapangan melaporkan hasil yang berbeda dari temuan lembaga survei independen.

Dalam rangkaian klaim kemenangan Prabowo ini terdapat sejumlah kejadian yang tersorot di rumah pemenangan. Dihimpun Tempo, berikut lima peristiwa yang terjadi di Kertanegara seusai pemungutan suara tersebut.

Sandiaga menjadi tokoh penting dalam koalisi Prabowo yang justru tak hadir saat pasangan capresnya menyerukan kemenangan di hadapan pendukung pada 17 April lalu. Sandiaga dikabarkan tengah sakit akibat kelelahan dan menderita cegukan hampir sepanjang hari.

Hari itu, Sandiaga baru muncul pukul 22.45 WIB saat ia hendak meninggalkan Kertanegara. Sandiaga yang duduk di bangku tengah sisi kiri mobil Nissan X-Trail hitam membuka kaca dan menyapa para hadirin. Namun ia irit komentar. Tangannya sekali waktu hanya menunjuk tenggorokannya. Gerakan itu seolah-olah menegaskan bahwa dia benar-benar sakit.

Kabar Sandiaga sakit diperkuat dengan unggahan istrinya, Nur Asia Uno, di media sosial Instagram. Ia menunjukkan potret dirinya bersama Sandiaga dan Prabowo. Dalam rangkaian foto itu, Nur Asia mengatakan Sandiaga berada dalam kondisi tak baik. Ia menerangkan, kehadiran Prabowo untuk menengok Sandiaga.

Persaudaraan Alumni 212 berada di baris belakang klaim kemenangan Prabowo. Kelompok yang sebagian anggotanya adalah laskar Front Pembela Islam ini berencana menggelar acara bertajuk sujud syukuran untuk merayakan kemenangan hasil perhitungan sementara versi capres usungannya. Deklarasi itu akan digelar pada Jumat, 19 April 2019.

Ketua Umum PA 212 Slamet Ma’rif menyatakan, semula, acara akbar ini dilaksanakan di Masjid Istiqlal dan dilanjutkan di Monumen Nasional atau Monas. Namun, lokasi tersebut dipindah di rumah Prabowo, Jalan Kertanegara 4. Alasannya, PA 212 emoh mengganggu umat Kristiani yang tengah melaksanakan ibadah Jumat Agung di Katedral—gereja yang berhadap-hadapan dengan Istiqlal.

Be the first to reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *